Hematnya Transaksi Antar Bank via FLIP

By | 26 Desember 2017

Siapa di antara kalian yang belum pernah melakukan transfer atau transaksi antar bank, pasti pernah kan ya.. Satu poin yang paling mbedain transfer sesama dengan antar bank adalah adanya biaya administrasi. Biaya administrasi ini besarnya macem-macem tergantung asal dan tujuan transfer bank. Sebagai contoh kalau BNI mengenakan biaya transfer ke bank lain sebesar Rp6.500,00. Coba aja kalau dalam sehari kita transfer ke rekening bank yang berbeda-beda, tekor dah pasti itu 6.500 kali berapa transaksi. Untungnya sekarang ada FLIP.

Bagi yang belum tau, FLIP ini adalah layanan untuk melakukan transfer antar bank tanpa biaya. Yap, itu dia kata kuncinya, tanpa biaya. Dengan menggunakan FLIP tentunya akan menghemat biaya administrasi yang dikeluarkan waktu melakukan transaksi antar bank. Kalau baca dari webnya, cara kerjanya cukup simpel. Mereka memiliki suatu rekening jembatan  untuk berbagai macam bank yang akan meneruskan transaksi ke bank tujuan yang sama. Misal nih, aku mau transfer dari BNI ke Mandiri.

Pertama-tama aku transfer sejumlah uang dari rekening BNI ku ke rekening BNI nya FLIP. FLIP yang sudah terima uang, akan meneruskan mengirim uang ke rekening Mandiri tujuan menggunakan rekening Mandiri punya FLIP, simpel banget kan 😉😉😉 nih ilustrasinya:

Pengalamanku sendiri, waktu itu pakai FLIP ketika mau transfer uang ke rekening BCA temen sesegera mungkin karena temenku ini butuh banget alias mendesak. Karena nomor rekening FLIP sudah tersimpan sebelumnya, transfer ke antar bank pun jadi cepet banget. Tinggal buka aplikasi FLIP, ketik nomor rekening tujuan, lalu kirim uang ke rekening bank yang sama dengan kita, selesai. Tinggal tunggu uang masuk ke rekening teman, simpel pake bangett 🤪🤪 Coba kalau tanpa FLIP, kita masih harus menambahkan rekening tujuan ke dalam daftar transfer, simpan, baru masuk ke menu transaksi online antar bank, ribet deh 😣😣

FLIP sendiri bisa diakses via browser di https://flip.id atau bisa unduh aplikasinya di Google Play Store. Kalau aku sih lebih suka pakai aplikasinya karena tidak harus buka alamat di browser. Untuk masalah keamanan tenang aja, FLIP udah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68 jadi legal ya. Seluruh proses transfer dilakukan dengan menggunakan sistem bank, sehingga uang pasti akan sampai ke rekening tujuan dengan aman. Untuk saat ini, FLIP melayani transfer dan dari bank berikut:

  1. BNI dan BNI Syariah
  2. BRI
  3. Mandiri dan Mandiri Syariah
  4. BCA
  5. CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah
  6. Bank Muamalat

Dengan segala kemudahannya, FLIP ini tentu punya kelemahan. Yah namanya juga startup, walaupun begitu tetep harus kita dukung. Beberapa kelemahan berdasarkan pengalamanku selama ini yaitu:

  1. Belum semua bank didukung oleh layanan FLIP
  2. Proses transaksi menunggu antrian, tidak serta merta, berbeda dengan transaksi antar bank langsung / RTGS. Karena banyaknya pengguna FLIP yang melakukan transaksi, jadi transaksi kita mesti antri tuh. Rata-rata aku dapet antrian ke 200an dan waktu antara kita input transaksi dan transaksi selesai bisa sampai setengah jam hingga 5 jam an, semua tergantung sistem bank dan nomor antrian.
  3. Belum bisa untuk transaksi dengan rekening tujuan Virtual Account. Virtual account ini biasanya untuk membayar transaksi jual beli online shop, atau untuk keperluan lainnya. Untuk saat ini FLIP belum bisa.
  4. Kolom keterangan transaksi terbatas, hanya bisa menulis keterangan sekitar 10 karakter
  5. Proses registrasi pembuatan akun cukup memakan waktu dan agak ribet, untuk saat ini kita diharuskan datang ke Alfamart yang sudah bekerjasama dengan FLIP untuk melakukan registrasi dengan membawa KTP.

Itulah sedikit pengalamanku waktu memakai FLIP. Tidak ada salahnya mencoba, siapa tahu ketagihan. Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di website resminya langsung di https://flip.id/. Di situ jelas banget dijelasin cara kerja dan juga testimoni-testimoni dari pengguna. Transaksi antar bank masih pake biaya admin ??, kuno banget, jaman sekarang ya pakai FLIP 😁😁😁

Komentarmu

Jadi komentator pertama !

Ingatkan dari
avatar