Mencari momentum untuk menyelesaikan kerjaan

By | 6 March 2020

Pernahkah kalian mengalami keadaan di mana sangat sulit untuk memulai mengerjakan sesuatu, entah itu pekerjaan kantor ataupun sekedar bersih-bersih rumah ? Aku sering sekali ngalamin kondisi kayak gitu pada waktu ingin memulai pekerjaan kantor. Ketika sudah mulai mau mengetik, tetiba rasanya males banget dan nggak mood, pengennya ngerjain hal lain kayak browsing atau main game. Aku sering bilang momentumnya belum dapet.

Momentum ini maksudnya, kayak niat untuk ngerjain gitu. Tapi sekalinya momentum ini sudah ada, jangan tanya deh, kerja itu bakalan gak kerasa, maunya kayak kerja terus terusan gak bisa berhenti sampai capek sendiri. Ibaratnya kayak anak kecil main ketapel, momentum itu pas dia narik ketapelnya. Semakin kuat narik, lemparannya bakal lebih kuat dan jauh. Begitu juga niat kita waktu mau ngerjain sesuatu, kalau niatnya cuman setengah-setengah ya apa yang kita inginkan dari yang kita kerjakan gak bakal atau lama tercapainya.

Pertanyaan selanjutnya pastilah, gimana cari ndapetin momentum itu. Pertanyaan ini susah dijawab, hanya waktu yang bisa menjawabnya hehe…karena aku sendiri juga susah cari momentum. Biasanya sih, momentum ini sudah didapet ketika ada hal-hal lain yang masih kita pikirkan atau ada pekerjaan lain yang belum diselesaikan, dengan kata lain apa yang akan kita kerjaan itu bukan fokus atau prioritas utama saat ini. Saranku lebih baik selesaikan dulu apa-apa yang masih mengganjal, biar pekerjaan kita jadi prioritas utama. Ketika tidak ada lagi yang kita pikirkan, maka kita bisa lebih fokus ke kerjaan yang sekarang. Simpel memang tapi prakteknya agak susah. Kalau punya utang tapi belum bisa bayar, ya mau nggak mau tetep dipikirin ya :p

Sebelumnya aku cerita, ketika momentum dah dapet, bakalan susah untuk berhenti. Usahain jangan sampai seperti ini, beri porsi istirahat buat otak dan badan kita, jangan diforsir. Kerjaan mungkin akan lebih cepat selesai ketika kita terapin model kerja rodi, tapi efek ke tubuh kita bisa sangat berasa lho. Capek pasti dan inget masih ada hari esok di mana pekerjaan yang lain menunggu. Jangan sampai keasikan hari ini kerja tapi esoknya tepar karena kecapekan.

Akhir kata, lupain semua kerjaan dulu dan happy weekend ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.