Opo tumon ???

By | 14 Desember 2017

Finger, tindis (baca:pencet) logo warna hijau, bales pesen chat temen. Suddenlyyy (bacanya pake nada Yesterday-nya The Beatles) terketiklah itu kata-kata aneh bin ajaib

Opo tumon

Serius, entah dari mana itu kata bisa melintasi pikiranku. Kata-kata yang bahkan udah berpuluh-puluh tahun yang lalu terakhir aku ucapkan, eh bukan, terakhir aku pikirkan karena aku gak inget pernah ngomong kayak gitu, nulispun juga nggak pernah. Opo tumon, begini nih sejarahnya.opo tumon

Dulu pas jaman SD aku beberapa kali main ke rumah nenekku di kota yang selalu dapet nilai 7 waktu ujian, yap betul sekali itu adalah Salatiga 😋. Kalau di bilang kota, waktu dulu sih aku selalu nyebutnya desa karena masih banyak hutan-hutan dan sepi penduduk. Memang sih rumah nenek ini bukan persis di kotanya, tapi lebih ke kecamatan yang agak jauh dari kota. Nanti kapan-kapan aku cerita pengalaman di rumah nenek ya, sekarang kembali fokus ke Opo Tumon

Flashback ke belakang, kata ini aku dapatkan pertama kali waktu membaca sebuah harian (kurang tau sih, bisa jadi mingguan atau bulanan) yang cukup terkenal waktu itu, namanya Panjebar Semangat (baca: Penyebar Semangat). Yang paling aku inget, cover harian ini warnanya merah, dan yang ngebuat aku jadi seneng baca ini harian adalah ada rubrik seputar Jagading Lelembut 😱😱😱 alias horrorrrr…yaelah ujung-ujungnya kok balik ke cerita horor haha. Ane mang paling demen baca hal-hal gaib gini gan, dari Kaskus, Creepy Pasta, & Nightmare Side udah aku baca semuanya. Oke balik ke harian Panjebar Semangat (selanjutnya aku singkat jadi PS aja ye). Aku gak bisa cerita banyak seputar ini harian karena yang menarik bagiku cuman rubrik Jagading Lelembut dan satu lagi, satu rubrik humor(kayak pojok KR gitu…). Nah rubrik humor itu selalu endingnya pake kata-kata Opo Tumon. Sebenernya aku juga gak ngerti artinya apa, ya dah deh nanya ke mbah Gugel biar gampang. Dikutip dari https://pionbaja.blogspot.co.id/2016/12/opo-tumon-panjebar-semangatps.html, kebanyakan tulisan”Opo Tumon” pengalaman pribadi atau bisa juga cerita orang lain.Biasanya cerita tentang hal yang lucu,konyol,aneh,gak masuk akal,yang menimpa seseorang.Pengalaman atau kejadian yang tak terduga dan bukan kejadian yang sering terjadi sehari-hari.Jadi kalau ditanya apa arti.”OPO TUMON” mungkin boleh diartikan kejadian yang tidak semestinya dilakukan seseorang bisa peristiwa lucu,konyol,memalukan,gak masuk akal .

Nah itu dia sob, jadi kalau mau cerita yang lucu, konyol, gak masuk akal, bisa dipakai tuh kata-kata opo tumon.

Dalan kok isuk nganti wengi macet terus, opo tumon 👺👺👹!!!

Komentarmu

Jadi komentator pertama !

Ingatkan dari
avatar